Senin, 11 Februari 2019

Jenis Bahaya yang Dapat Terjadi pada Bayi Kuning

Penyakit bayi kuning dapat diderita dari sejak bayi lahir. Anda perlu mewaspadainya karena penyakit ini bukanlah penyakit biasa tanpa bahaya besar. Penyakit kuning pada bayi yang tidak segera ditangani akan menyebabkan terjadinya bahaya berikut ini.

1. Berbahaya bagi Otak
Penyakit kuning ini dapat merusak sel-sel otak yang terjadi ketika kadar bilirubin berlebihan. Sel otak merupakan bagian sel yang sangat penting sebagai sel utama. Jika sel otak mengalami kerusakan, maka organ lain pun akan menjadi terganggu.

Ketika bayi mengalami hal ini, maka pertumbuhan dan perkembangannya tidak berjalan optimal. Bahaya pada otak juga terjadi karena penyakit ini dapat meracuni otak bayi. Ketika bayi Anda mengalami hal ini maka sel otak tidak akan berfungsi dengan baik dan kemudian akan timbul berbagai jenis penyakit.

Bahayanya lagi penyakit ini dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada otak. Bilirubin akan mengakibatkan komplikasi yang sangat serius dengan risiko kerusakan permanen. Dampaknya anak Anda nanti akan memiliki kemampuan berpikir yang lambat.

2. Bahaya pada Hati
Penyakit bayi kuning ini akan berbahaya pada hati karena dapat menyebabkan kerusakan, terlebih pada bayi yang mengalami penyumbatan bilirubin. Kerusakan pada hati akan membuat bayi mengalami pengecilan atau pengerasan hati. Jika sampai terjadi hal ini kepada anak Anda maka cara mengobatannya dengan pembedahan di bagian yang mengalami penyumbatan.

Bahaya Cacat dan Gangguan Mental
Bahaya berikutnya yang dapat terjadi karena penyakit kuning ini adalah bayi berisiko mengalami cacat dan gangguan mental. Cacat yang dialami karena sel saraf otak yang rusak karena bilirubin berlebihan. Cacat ini salah satunya mengalami tuli karena sel bagian pendengaran yang berhubungan dengan saraf.

Sedangkan gangguan mental ini terjadi pada anak-anak yang mengalami down sindrome. Selain itu gangguan mental ini terlihat bayi akan mengalami kondisi rasa tidak percaya diri saat besar nantinya. Misalnya bayi Anda tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

Bahaya Anemia
Bayi juga dapat berisiko mengalami bahaya yaitu anemia. Penyakit ini dapat membuat aliran darah dan aliran oksigen ke otak menjadi tidak lancar. Ketika bayi mengalami masalah ini maka risikonya akan berdampak pada tingkat kecerdasan yang rendah dan memiliki gangguan konsentrasi. Anak Anda akan kesulitan saat belajar untuk fokus pada satu hal saja.

Bahaya pada Sel Motorik
Bahaya berikutnya pada bayi karena mengalami penyakit kuning adalah merusak sel motorik bahkan menyebabkan kelumpuhan sel motorik. Sel motorik ini sebuah sel gerak yang dimiliki oleh bayi. Jika sel ini mengalami kerusakan maka bayi akan mengalami gangguan ini tidak bisa bergerak atau paling minim tidak dapat melakukan gerak refleks.

Masalah ini juga mengakibatkan kelumpuhan sel motorik yang akan terjadi dengan cepat dan jelas di bagian kaki dan tangan. Ketika bayi Anda mengalami masalah ini segera untuk melakukan pemeriksaan tanpa menunggu lama. Penting untuk Anda melakukan penanganan dengan cepat terhadap penyakit bayi kuning ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis Bahaya yang Dapat Terjadi pada Bayi Kuning
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.