Minggu, 13 Januari 2019

Inovasi Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia

Sektor pertanian memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan hidup sebuah negara. Pasalnya, pertanian merupakan penyokong utama ketersediaan pangan bagi masyarakat di negara tersebut.

Peningkatan populasi dunia secara umum dan populasi sebuah negara secara khusus menuntut  adanya perkembangan teknologi mutkhir yang bisa memudahkan penyediaan pangan. Karenanya, inovasi-inovasi terbaru di bidang pertanian dibuat untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Saat ini sudah banyak inovasi teknologi pertanian yang sudah berhasil diciptakan oleh putra-puteri bangsa Indonesia. Di bawah ini saya akan sebutkan beberapa diantaranya :

1.Drone Sawah
Drone sawah merupakan salah satu inovasi teknologi pertanian yang digunakan di Indonesia. Bahkan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Dalam hal ini Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) di Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang mulai memanfaatkan drone sawah untuk membantu menyemprotkan pestisida di lahan sawah.

Proses penyemprotan berlangsung lebih cepat dan efisien dengan bantuan drone tersebut. Bayangkan saja, satu hektare sawah disemprot dalam waktu kurang dari 30 menit dengan bantuan drone. Kalau secara manual biasanya membutuhkan waktu 175 menit. Belum lagi cairan pestisida yang digunakan pada penyemprotan menggunakan drone sawah hanya 99,05 liter untuk satu hektar sawah. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penyemprotan manual yang bisa menghamburkan pestisida sekitar 142,86 liter.

2.Aplikasi Smartphone Pemantau Tanaman
Perusahaan startup bernama Habibi Garden membuat inovasi teknologi di bidang pertanian dengan membuat aplikasi smartphone yang memudahkan pengguna untuk memantau ukuran kelembapan dan ukuran nutrisi yang dibutuhkan tanaman secara real time. Teknologi ini tentu saja sangat bermanfaat karena membantu petani mengurangi risiko kegagalan panen.

Cara pengoperasian aplikasi ini cukup sederhana, cukup dengan meletakan alatnya di perkebunan atau lahan yang ditanami. Pemiliki pertanian atau perkebunan bisa memantau dari jauh lahan miliknya melalui perangkat smartphone.

Dengan kehadiran teknologi pertanian modern seperti ini, diharapkan produksi panen di Indonesia dapat mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibandingkan yang konvensional.

3.Alat Penanam Padi Jarwo Transplanter
Alat canggih penanam padi ini hasil kreasi dari bagian penelitian dan pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian. Jarwo yang merupakan nama alat penanam padi canggih ini adalah singkatan dari jajar legowo dari jawa timur. Sistem kerja alat ini adalah menanam padi dengan memberikan jarak yang pas antara satu barisan padi dan barisan padi lainnya. Jarak seperti ini sangat memudahkan dalam pemeliharaan tanaman padi nantinya. Berdasarkan hasil riset, diyakini kalau alat ini mampu meningkatkan produksi padi hingga 30%.

Sekian informasi tentang inovasi teknologi pertanian terbaru di Indonesia kali ini. Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, tentu kita harus bangga dengan beragam inovasi karya anak bangsa di bidang teknologi pertanian ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Inovasi Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.