Senin, 22 Oktober 2018

Manfaat Jalan Cepat untuk Kesehatan Kita

Dengan melakukan jalan cepat setiap harinya dapa memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Hal itu seperti lemak tubuh akan berkurang, kekuatan dan ketahanan otot meningkat, sistem jantung serta pembuluh darah semakin lancar, dan tulang pun akan semakin kuat. Tentunya manfaat jalan cepat tersebut bisa anda rasakan jika melakukannya secara rutin.  Untuk merasakan manfaat kesehatan, maka dianjurkan untuk jalan cepat setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Manfaat jalan cepat memang tidak sedikit untuk tubuh, beberapa di antaranya seperti berikut.
1. Memperbaiki suasana hati
Melakukan jalan cepat secara rutin berpotensi memperbaiki suasana hati. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengatasi depresi karena dapat memberikan efek relaksasi, meredakan cemas, serta membantu tidur lebih nyenyak.

2. Menurunkan risiko demensia
Aktivitas berjalan cepat yang dilakukan secara rutin dapat menimbulkan Manfaat jalan cepat seperti memperlancar aliran darah ke otak. Bahkan jika berjalan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena demensia serta membantu menjaga fungsi otak pada usia tua.

3. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat jalan cepat bisa dengan menjaga kesehatan jantung, bahkan dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Kedua kondisi tersebut menjadi faktor-faktor yang memperbesar peluang terkena penyakit jantung maupun stroke.

4. Mencegah maupun mengontrol diabetes
Manfaat jalan cepat yang dilakukan 20-30 menit sehari dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, jika dilakukan secara rutin maka berpeluang untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

5. Mencegah osteoarthritis
Berjalan bisa menjadi bentuk latihan beban yang bagus bagi tulang dan otot. Berjalan juga menjadi kegiatan positif yang mampu membantu anda dalam menjaga tulang rawan tetap sehat. Hal ini akan berguna dalam mencegah terjadinya perlemahan tulang atau osteoporosis. Bahkan juga berguna untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan penuaan berupa sendi nyeri, bengkak, dan kaku, yang biasa kita sebut dengan osteoarthritis.

Jalan cepat diartikan sebagai aktivitas berjalan dengan cukup cepat, namun berbeda dengan berlari. Dengan berjalan cepat, maka jarak satu kilometer dapat ditempuh dalam waktu sekita 12 menit. Anda harus melakukan jalan cepat secara rutin setiap harinya agar bisa merasakan manfaat jalan cepat. Namun jika kesulitan maka anda bisa mengatur durasinya dalam sehari dan yang terpenting, memiliki tujuan untuk menjadikan jalan cepat sebagai kegiatan rutin.

Bagikan

Jangan lewatkan

Manfaat Jalan Cepat untuk Kesehatan Kita
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.